6 Tradisi Unik Menyenangkan Ketika Lebaran Cuma Ada Di Indonesia! Penasaran?

Posted on


Hari raya idul fitri atau Idulfitri yaitu hal yang menyenangkan dan selalu ditunggu-tunggu masyarakat muslim di Indonesia. Suasana hangat terasa mulai awal puasa hingga menjelang lebaran, tak ada hal yang dinantikan sesudah 30 hari melakukan puasa selain lebaran. Tradisi yang telah menjadi hal wajib kita jalankan dari dahulu yaitu Silaturahmi, bermaaf-maafan dan kue-kue yang tersedia merupakan pemandangan yang selalu kita temui di momen lebaran. 

gambar/genpi.co



Setiap tempat di Indonesia mempunyai acara dan juga tradisi unik ketika merayakan lebaran sebut saja menyerupai bagi-bagi ketupat dan makanan. Tidak hanya bagi-bagi ketupat dan masakan saja ada banyak tradisi lebaran rata-rata hanya terjadi di Indonesia saja. Berikut yaitu tradisi unik ketika lebaran yang masih terus berlangsung di Indonesia :

1. Takbir Keliling dan Suara Petasan


gambar/jateng.tribunnews.com
Takbir keliling dan bunyi petasan merupakan tradisi yang sudah ada dari dulu. Takbir keliling dilakukan ketika malam takbiran dimana para remaja dan belum dewasa berkeliling kampung untuk menyambut hari lebaran sesudah sebulan penuh melakukan puasa. Inilah momen paling awal yang ditunggu-tunggu ketika perayaan lebaran dan juga bunyi petasan dimana-mana. Namun, kini petasan sudah dihentikan oleh pemerintah lantaran berbahaya. Meskipun berbahaya rasanya menyambut lebaran tanpa petasan terasa sedikit sepi ya sob, ahh jadi kangen dengar bunyi petasan lagi.


2. Berbagi THR


gambar/shutterstock


Masyarakat Indonesia mempunyai tradisi selama lebaran ini yaitu membagikan THR biasanya THR dibagikan oleh orang cukup umur kepada belum dewasa sebagai hadiah lantaran mereka telah melakukan puasa selama sebulan penuh meskipun tidak semua anak berpuasa penuh tapi mereka tetap diberi THR kok sob. Uang yang dibagikan pun dalam kondisi gres inilah yang menciptakan belum dewasa terlihat senang dan antusias dengan dibaginya THR kepada mereka. 

3. Ziarah Makam atau Nyekar


gambar/blog.elevenia.co.id
Ziarah ke makam keluarga yang telah mendahului kita ketika lebaran merupakan momen yang mempunyai lebih banyak kesan. Biasanya ziarah dilakukan sendiri tetapi pada momen ini semua anggota keluarga ikut berziarah dan mengirim doa bersama nampaknya hanya pada momen lebaran aja ya sob ziarah ke makam ramai.



4. Saling Bermaaf-maafan Keliling Kampung


gambar/akurat.co
Tradisi yang sudah ada semenjak usang sekali di mana orang-orang akan saling mengunjungi keluarga, teman, dan tetangga untuk saling meminta maaf. Meskipun kini sudah zaman nya smartphone untuk mengucapkan selamat lebaran dan meminta maaf, tidak afdol rasanya kalau tidak mendatangi dan bertemu pribadi ya sob.


5. Berbagi Makanan


gambar/jatim.tribunnews.com
Nah ini tradisi yang menyenangkan dimana kita saling menyebarkan masakan kepada tetangga maupun saudara. Saat malam takbiran lah biasanya masyarakat saling menyebarkan masakan lantaran pada ketika ini hidangan lebaran telah disiapkan dan siap disantap esok hari lebaran.


6. Ketupat dan Daging


gambar/genpi.co
Ketupat dan daging merupakan masakan wajib dan selalu ada selama perayaan lebaran ini. Ketupat lebaran menjadi sebuah masakan istimewa, alasannya yaitu hampir seluruh masyarakat menciptakan dan menyantapnya dengan rasa senang tidak lengkap rasanya kalau lebaran tidak ada ketupat maupun daging dan opor ya sob.


Nah, inlah tradisi unik lebaran yang ada di Indonesia. Adakah tradisi di daerahmu yang lebih seru dalam merayakan lebaran sob?  Tidak terasa lebaran sebentar lagi senang rasanya, di lain sisi juga menyedihkan suasana ramadhan akan berakhir dan kita akan bertemu setahun lagi. Nikmati lah momen lebaran ini sambut dengan gembira, Selamat Hari Raya Idul Fitri, Minal ‘Aidin Wal Faizin , Mohon Maaf Lahir dan Batin.